Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar
Langkah pertama untuk membedakan luka bakar kecil dari luka bakar besar yaitu dengan memastikan luasnya jaringan badan yang rusak. Tiga klasifikasi luka bakar diantaranya luka bakar derajat 1 2 serta 3 bakal menolong Anda memastikan aksi darurat yang perlu dikerjakan.






Pertolongan Pertama pada Luka Bakar



Luka Bakar Derajat 1
Luka bakar derajat 1 cuma tentang susunan kulit paling luar. Diluar itu juga ditandai dengan warna kulit yang memerah kerap dibarengi pembengkakan juga nyeri. Perlakukanlah luka bakar derajat 1 ini sebagai luka bakar kecil. Tetapi apabila luka bakar ini melibatkan tangan kaki muka lipat paha atau pantat atau sendi paling utama dengan cara luas jadi dibutuhkan pertolongan medis.
Luka Bakar Derajat 2
Luka bakar derajat 2 yaitu saat luka bakar juga tentang susunan kulit ke-2 (dermis). Luka bakar derajat 2 ditandai dengan kulit melepuh kulit berwarna merah kuat berlangsung nyeri serta pembengkakan yang kronis.
Bila luka bakar derajat 2 ini diameternya tak kian lebih 76 cm perlakukanlah sebagai luka bakar kecil. Apabila luka bakar lebih luas atau apabila luka bakar tentang tangan kaki muka lipatan paha atau pantat atau sendi paling utama perlakukan luka bakar itu sebagai luka bakar besar serta cepatlah mencari pertolongan medis. Pertolongan pertama luka bakar kecil yakni luka bakar derajat 1 serta luka bakar derajat 2 yang diameternya tak kian lebih 76 cm kerjakanlah pertolongan tersebut :
1. Dinginkan luka bakar itu. Alirilah luka bakar itu dengan air sejuk serta mengalir sepanjang 10 15 menit atau sampai nyeri reda. Bila hal itu tidak bisa dikerjakan celuplah luka bakar itu pada air sejuk atau dinginkan dengan kompres dingin. Mendinginkan luka bakar bisa kurangi pembengkakan dengan menyingkirkan panas dari kulit. Tetapi janganlah memakai es untuk mendinginkan luka bakar.
2. Tutuplah luka bakar dengan kasa pembalut steril. Janganlah memakai kapas atau bahan lain yang mungkin saja menempel pada luka. Balutlah luka bakar dengan kain kasa dengan cara longgar untuk hindari desakan pada kulit yang terbakar. Membalut luka bakar bisa menghindari luka kontak dengan hawa kurangi nyeri serta membuat perlindungan kulit yang melepuh.
3. Berikanlah obat pereda nyeri jika memang perlu. Obat pereda nyeri yang bisa dibeli bebas diantaranya aspirin parasetamol serta ibuprofen. Berikanlah jika memang perlu. Butuh di perhatikan apabila memberi aspirin pada anakanak atau remaja. Aspirin cuma bisa diberikan pada anak berumur kian lebih 2 th.. anak-anak yang ada dalam sistem pengobatan dari cacar air tak diijinkan memakai aspirin. Luka bakar kecil umumnya pulih tanpa ada perlakuan lebih jauh. Luka bakar bakal pulih dengan pergantian pigmen yang bermakna daerah yang sembuh mungkin saja bakal mempunyai warna yang tidak sama dengan kulit sekitarnya. Tetapi butuh di perhatikan apabila ada sinyal tanda infeksi seperti nyeri yang jadi tambah kemerah-merahan pada luka demam pembengkakan. Apabila infeksi berlangsung selekasnya mencari pertolongan medis.
Luka Bakar Derajat 3
Luka bakar ini ditandai dengan terbakarnya semua susunan kulit serta mengakibatkan rusaknya jaringan yang permanen atau menetap. Lemak otot serta bahkan juga tulang peluang dipengaruhi. Sisi badan yang terbakar mungkin saja berwarna hitam gosong atau terlihat kering serta putih. Kesusahan dalam bernafas keracunan karbon monoksida atau dampak toksik yang lain bisa berlangsung apabila korban juga hirup asap. Untuk luka bakar besar cepatlah mencari pertolongan medis. Kerjakanlah beberapa langkah tersebut sampai pertolongan medis datang :
1. Janganlah melepas baju yang terbakar. Yakinkan korban tak akan bersentuhan dengan bahanbahan yang menyala atau terkena oleh asap atau panas.
2. Janganlah mencelupkan luka bakar besar yang kronis di air dingin Dengan lakukan hal semacam ini bisa mengakibatkan penurunan suhu badan (hipotermia) serta buruknya aliran serta desakan darah (syok).
3. Cek tandatanda aliran (pernapasan batuk atau gerakan). Bila tak ada tandatanda korban bernafas atau sinyal aliran yang lain kerjakan RJP (Resusitasi Jantung Paru). 4. Posisikan sisi badan yang terbakar lebih tinggi dari pada jantung.
5. Tutupi sisi badan yang terbakar. Pakai kasa pembalut yang sejuk basah serta steril.
Nah tersebut pertolongan pertama yang dapat dikerjakan bila anda menanggung derita luka bakar jika anda jauh dari tempat tinggal sakit gunakan Panduan pertama luka bakar yang di anjurkan di atas mudah-mudahan berguna.

Luka BakarLuka BakarLuka BakarLuka Bakar

Komentar